Langkah Promosi sangat di perlukan dalam bisnis agar bisa mencapai target penjualan diantara cara berpromosi yang baik adalah dalam menulis judul penawaran produk untuk itu saya akan tunjukkan rahasia menulisjudul penawaran produk (copywriting).
Jika judul
Anda tidak menarik perhatian, maka orang tidak akan membaca salinan penjualan
Anda… (Hukum Pareto berlaku : Hanya 8 dari 10 orang yang membaca judu dan hanya
2 yang meneruskan membaca sisanya). Dan mereka yang tidak membaca penawaran
Anda, dipastikan tidak akan membeli produk Anda. Nah, sekarang Anda tahu, betapa
krusialnya fungsi judul dalam salinan penjualan Anda. Begitu krusialnya hingga
legenda periklanan, David Ogilvy mengaku menghabiskan 80 % waktunya menulis surat
penjualan hanya untuk mencari judul yang tepat. Sekarang pertanyaaannya,
bagaimana cara membuat judul yang menarik minat orang ? Gunakan pemicu.
Tepatnya 3 pemicu.
Mari saya
tunjukkan
Judul Yang
Menarik Belum Cukup, Anda Butuh Judul Yang Memicu Seperti sebelumnya, saya tak
pernah bosan mengulang ini :
Jika Anda
menginginkan seseorang melakukan tindakan, Anda harus menguasai psikologi
tentang orang …
Dalam
perkara membuat judul, Anda perlu mengetahui faktor-faktor yang memicu orang
untuk membaca judul Anda dan meransang minat mereka membaca sisa salinan
penjualan Anda…
Apa saja
faktor-faktor pemicu itu ?
Inilah rahasia menulis judul penawaran produk (copywriting)
Berikut 3
diantaranya :
Pemicu #1
Menawarkan Manfaat GANDA
Ini aturan
dasar dalam copywriting.
Seorang
copywriter pemula harus tahu bahwa orang tidak membeli produk.
- Orang membeli manfaat.
- Orang membeli tidur nyenyak, bukan spring bed.
- Wanita membeli wajah putih, bukan krim.
Karena itu,
hampir semua judul salinan penjualan berbasis manfaat, bukan produk
Contohnya :
"Ingin Wajah
Anda Tampak Putih Merona Dalam Waktu Singkat ?"
Judul di atas
sepertinya bagus. Tapi judul diatas lema dan Manfaatnya kurang nyata.
Mari kita
perjelas manfaat nyata produk tersebut…:
"Ingin Wajah
Anda Tampak Putih Merona Dalam 7 Hari ?"
Jumlah hari
membuat manfaat produk lebih nyata dimata
Konsumen.
Namun judul diatas masih kurang menjual.
Saya akan
memberikan Anda, satu rahasia kecil untuk menguatkan judul diatas. Mungkin
konsumen masih bisa mengabaikan jika Anda hanya menawari mereka satu manfaat.
Tapi
bagaimana kalau Anda menawari mereka 2 manfaat
sekaligus ? (Sekarang Anda mendapatkan perhatian mereka).
Mari kita
terapkan rahasia ini pada contoh judul sebelumnya :
"Ingin Wajah
Anda Tampak Putih Merona Dalam 7Hari, Plus Hadiah
Liburan Ke Korea Bersama SM*SH ?"
Pemicu #2
Mengingatkan Konsekuensi Yang Ditanggung…
Judul Anda
mudah menarik perhatian orang, jika Anda mengingatkan konsekuensi yang harus
mereka tanggung.
Contohnya
judul untuk menjual alat penyaring air minum :
"Apakah Anda
Yakin Air Yang Anda Minum Bebas Kuman ?"
Tapi
bagaimana jika Anda meningkatkan derajat konsekuensinya ?
Bayangkan
ini… Seorang ayah/ibu mungkin bisa mengabaikan konsekuensi jika itu menyangkut
dirinya, TAPI ceritanya akan berbeda ketika konsekuensi itu harus ditanggung
oleh anak-anaknya. Karena itu, Anda bisa mengubah judul diatas menjadi…. :
"Apakah
Anda Yakin Air Minum Anak Anda Bebas Kuman ?"
Pemicu #3
Menciptakan Urgensi
Jika seorang
prospek menunda membaca salinan penjualan Anda, kecil kemungkinannya dia akan
kembali. Jadi jangan biarkan mereka menunda.
Caranya adalah
dengan menekankan urgensi, seperti diskon berbatas waktu… …atau dalam istilah
Feni Rose, ‘harga naik setelah hari senin’.
Contoh
judulnya seperti ini :
Miliki Rumah
Tipe 100 Dengan Harga Lebih Murah 20 % Untuk Pembelian Sebelum Tanggal… Selain
diskon (penghematan), Anda juga bisa menciptakan urgensi dengan menawarkan
hadiah terbatas waktu…
Contohnya
dalam judul seperti ini :
Miliki Rumah
Tipe 100 Plus Hadiah 1 Unit Sepeda Motor Khusus Untuk 10 Pembeli Pertama… (Siapa
yang ingin menjadi pembeli ke-11 ?)
sebuah bisnis memang dibutuhkan cara berpromosi yang baik rahasia menulis judu penawaran produk (copywriting) sangat perlu di pelajari untuk meningkatkan penjualan kita.
0 comments:
Post a Comment