Home » » Dasar-Dasar Penulisan Copywriting Dalam Bisnis

Dasar-Dasar Penulisan Copywriting Dalam Bisnis

Posted by Top Topiks on Wednesday 4 June 2014

Dasar-Dasar Penulisan Copywriting Dalam Bisnis
Salah satu menarik minat pembeli adalah cara menulis judul copywriting penawaran produk yang akan anda tawarkan ke konsumen, berikut adalah uraian dasar-dasar penulisan copywriting dalam bisnis Simak dan pahami uraian-uraian di bawah ini. Hal ini sangat penting untuk keberhasilan bisnis anda.

1. BASIC COPYWRITING By : Heyckel

2. Basic CopywritingCopywriting adalah Tindakan menulissalinan (teks) untuk tujuan iklan atau pemasasaranproduk, bisnis, orang, pendapat dan ide.Para penerima (pembaca, pendengar) dari tulisanini diharapkan terbujuk utnuk membeli produk yangdiiklankan atau menyetujui/mengikuti sudutpandang yang diberikan. (Wikipedia)

3. Basic CopywritingPeran Copywriter? BESAR Kecil ??Peran seorang Copywriter sangat besar karena sangatdibutuhkan sebuah trigger kepada konsumen berupatagline/phrase/slogan dan semua jenis naming, konten terkaitdengan identitas produk yang akan ditawarkan.

4. Basic Copywriting ‘one image can says thousand words’Sebuah phrase yang menunjukkan bahwa dalam satu gambar akanmenimbulkan berbagai macam persepsi orang yang melihat gambartersebut.

5. Basic Copywriting ‘one word can makes thousand images’ DRINKNamun, dari satu kata akan bisa 
dihasilkan ribuan visualisasi yangberbeda.

6. Basic CopywritingCopywriting yang efektif mempunyai komponen sebagai berikut (bisa jugasebagai idea generator untuk semua) :
• Persuasif : Mampu mengajak target konsumen untuk melakukan apa yang diinginkan (membeli produk tertentu, merubah pola pikir)
• Mengerti Brief : - mengerti akar permasalahan - menulis ulang brief (jika dibutuhkan) - pikirkan apa yang menginspirasi - menghasilkan solusi
• Mengerti Konsumen : - cari apa yang memotivasi konsumen - cari apa yang mereka butuhkan dan inginkan - tunjukkan cara mendapatkan semua itu

7. Basic Copywriting LIHAT DENGARKAN AMATI BE A SPONGE Dari keempat cara tersebut diharapkan nantinya proses kerjakreatif tidak hanya mengandalkan brief yang didapat, namun juga melakukan research mendalam tentang konsumen dan produk.

8. Basic Copywriting Salah satu pemicu untuk menarik konsumen adalah unsur psikologis. Berikutbeberapa pemicunya :
• Takut
• Kesenangan Instan
• Kebahagiaan
• Pengakuan
• Kebutuhan Darurat
• Kenyamanan
• Ekslusif
• Rasa Penasaran
• dan lain-lain.

9. Basic Copywriting Elemen-elemen penting dalam pembuatan copywriting :
• Headline - buatlah headline yang catchy untuk first impression. - fresh bait works best (headline yang membawa sesuatu yang baru)
• Teks yang persuasif - mengikat konsumen - meyakinkan dan memberi penawaran yang menarik - asertif dan jelas (menimbang pada range konsumen)

10. Basic Copywriting Jadilah BUNGLON! Fleksibel, bukan menjadi diri sendiri.Copywriting dalam agensi sangat jauh berbeda dengan copywriting lain seperti jurnalis majalah, blog pribadi dll.Saat menjadi seorang copywriter agensi, copywriting  yang telah dibuat dengan produk-produk yang berbeda tidaklah sama. Yang perlu diperhatikan dan‘dilawan’ disini adalah idealisme sebagai seorang penulis. BEDA TARGET, BEDA CARA BICARA/PENYAMPAIAN.

11. Basic CopywritingBagaimana IDE didapatkan??? Get a lifeMencari ide dengan ‘melawan’ kebiasaan yang ada jika diperlukan. Mencariliteratur terkait dengan product knowledge, perilaku konsumen. Intinya idebisa didapatkan bukan dengan berdiam diri. Kill your darlingsSaat ide-ide kasar sudah didapatkan, jangan cepat puas atau menyukai idetersebut. Tapi lawanlah ide itu sendiri dengan penyangkalan-penyangkalanyang logis.

12. Basic CopywritingEx : Persuasive Copy ads.Note : sebuah ads yang membawa pesan dengan gaya baru, tidaksama dengan ads tipikal namun lebih dalam.

13. Basic CopywritingEx : Non-Persuasive Copy ads. Note : semua meng-klaim produknya no.1 sedangkan konsumen semakin kritis dalam memilih produk

14. Basic Copywriting Visual Driven Ads : Ads yang berasal dari sebuah visual/gambar sebagai konsep dibuatnya ads tersebut dan trigger untuk menarik konsumen VSCopy Driven Ads : Ads yang dibuat berdasarkan phrase/istilah/tagline yangsudah melekat kuat di masyarakat dan digambarkan secara visual.

15. Basic CopywritingEx : Visual Driven ads.Note : sebuah iklan restoran khusus vegetarian, dimana digambarkan lidah berubah menjadi sayuran.

16. Basic CopywritingEx : Visual Driven ads.Note : sebuah iklan pendingin ruangan dimana digambarkan sang Ibu tidak jadi memarahi anaknya karena dia menyalakan pendingin ruangantersebut.

17. Basic CopywritingEx : Copy Driven ads. Note : sebuah iklan taman bermain yang melaunching wahana baru menggunakan phrase face your fear’ dan digambarkan dengan ketakuan ikon-ikon tersebut kedalam bentuk track rollercoaster.

18. Basic CopywritingEx : Copy Driven ads.Note : British Airways mengajak warga Inggris agar mendukung tim negerinya sendiri selaku tuan rumah di Olimpiade 2012.

19. Basic CopywritingTHANK YOU FOR YOUR ATTENTION


Uraian-uraian dasar-dasar penulisan copywriting dalam bisnis di atas sangatlah penting untuk menarik pembeli agar membeli produk kita, ini adalah Rahasia coopywriting yang akan membawa kesuksesan anda dalam berbisnis. Semoga bermanfaat... maju terus wirausaha Indonesia, jayalah terus Indonesiaku.


0 comments:

Post a Comment

BERITA EKONOMI
______________________


Powered By Blogger
Meningkatkan Suara Dan Stamina Burung
Dapatkan stamina dan kualitas suara burung saat kontes
KOMUNITAS BURUNG INDONESIA

Multi Vitamin Burung
Dapatkan kebutuhan vitamin burung yang cukup
KOMUNITAS BURUNG INDONESIA

Rahasia Jupe
Ternyata rahasia Jupe payudara montok ada disini
SALSA KOSMETIK

Apakah Rambut Anda Sering Rontok Botak
Serum khusus ini akan menumbuhkan dan melebatkan rambut anda
SALSA KOSMETIK

Belanjat Furniture Terbaik Aman Dan Nyaman
Serum khusus ini akan menumbuhkan dan melebatkan rambut anda
Mitra Jaya Furniture

TopAds
.comment-content a {display: none;}