Salah satu
menarik minat pembeli adalah cara menulis judul copywriting penawaran produk
yang akan anda tawarkan ke konsumen, berikut adalah uraian dasar-dasar penulisan copywriting dalam bisnis Simak dan pahami uraian-uraian di bawah
ini. Hal ini sangat penting untuk keberhasilan bisnis anda.
1. BASIC
COPYWRITING By : Heyckel
2. Basic
CopywritingCopywriting adalah Tindakan menulissalinan (teks) untuk tujuan iklan
atau pemasasaranproduk, bisnis, orang, pendapat dan ide.Para penerima (pembaca,
pendengar) dari tulisanini diharapkan terbujuk utnuk membeli produk
yangdiiklankan atau menyetujui/mengikuti sudutpandang yang diberikan.
(Wikipedia)
3. Basic
CopywritingPeran Copywriter? BESAR Kecil ??Peran seorang Copywriter sangat
besar karena sangatdibutuhkan sebuah trigger kepada konsumen
berupatagline/phrase/slogan dan semua jenis naming, konten terkaitdengan
identitas produk yang akan ditawarkan.
4. Basic
Copywriting ‘one image can says thousand words’Sebuah phrase yang menunjukkan
bahwa dalam satu gambar akanmenimbulkan berbagai macam persepsi orang yang
melihat gambartersebut.
5. Basic
Copywriting ‘one word can makes thousand images’ DRINKNamun, dari satu kata
akan bisa
dihasilkan ribuan visualisasi yangberbeda.
6. Basic
CopywritingCopywriting yang efektif mempunyai komponen sebagai berikut (bisa
jugasebagai idea generator untuk semua) :
• Persuasif
: Mampu mengajak target konsumen untuk melakukan apa yang diinginkan (membeli
produk tertentu, merubah pola pikir)
• Mengerti
Brief : - mengerti akar permasalahan - menulis ulang brief (jika dibutuhkan) -
pikirkan apa yang menginspirasi - menghasilkan solusi
• Mengerti
Konsumen : - cari apa yang memotivasi konsumen - cari apa yang mereka butuhkan
dan inginkan - tunjukkan cara mendapatkan semua itu
7. Basic
Copywriting LIHAT DENGARKAN AMATI BE A SPONGE Dari keempat cara tersebut
diharapkan nantinya proses kerjakreatif tidak hanya mengandalkan brief yang
didapat, namun juga melakukan research mendalam tentang konsumen dan produk.
8. Basic
Copywriting Salah satu pemicu untuk menarik konsumen adalah unsur psikologis.
Berikutbeberapa pemicunya :
• Takut
• Kesenangan
Instan
•
Kebahagiaan
• Pengakuan
• Kebutuhan
Darurat
• Kenyamanan
• Ekslusif
• Rasa
Penasaran
• dan
lain-lain.
9. Basic
Copywriting Elemen-elemen penting dalam pembuatan copywriting :
• Headline -
buatlah headline yang catchy untuk first impression. - fresh bait works best
(headline yang membawa sesuatu yang baru)
• Teks yang
persuasif - mengikat konsumen - meyakinkan dan memberi penawaran yang menarik -
asertif dan jelas (menimbang pada range konsumen)
10. Basic
Copywriting Jadilah BUNGLON! Fleksibel, bukan menjadi diri sendiri.Copywriting
dalam agensi sangat jauh berbeda dengan copywriting lain seperti jurnalis
majalah, blog pribadi dll.Saat menjadi seorang copywriter agensi, copywriting yang telah dibuat dengan produk-produk yang
berbeda tidaklah sama. Yang perlu diperhatikan dan‘dilawan’ disini adalah
idealisme sebagai seorang penulis. BEDA TARGET, BEDA CARA BICARA/PENYAMPAIAN.
11. Basic
CopywritingBagaimana IDE didapatkan??? Get a lifeMencari ide dengan ‘melawan’
kebiasaan yang ada jika diperlukan. Mencariliteratur terkait dengan product
knowledge, perilaku konsumen. Intinya idebisa didapatkan bukan dengan berdiam
diri. Kill your darlingsSaat ide-ide kasar sudah didapatkan, jangan cepat puas
atau menyukai idetersebut. Tapi lawanlah ide itu sendiri dengan penyangkalan-penyangkalanyang
logis.
12. Basic
CopywritingEx : Persuasive Copy ads.Note : sebuah ads yang membawa pesan dengan
gaya baru, tidaksama dengan ads tipikal namun lebih dalam.
13. Basic
CopywritingEx : Non-Persuasive Copy ads. Note : semua meng-klaim produknya no.1
sedangkan konsumen semakin kritis dalam memilih produk
14. Basic
Copywriting Visual Driven Ads : Ads yang berasal dari sebuah visual/gambar
sebagai konsep dibuatnya ads tersebut dan trigger untuk menarik konsumen VSCopy
Driven Ads : Ads yang dibuat berdasarkan phrase/istilah/tagline yangsudah
melekat kuat di masyarakat dan digambarkan secara visual.
15. Basic
CopywritingEx : Visual Driven ads.Note : sebuah iklan restoran khusus
vegetarian, dimana digambarkan lidah berubah menjadi sayuran.
16. Basic
CopywritingEx : Visual Driven ads.Note : sebuah iklan pendingin ruangan dimana
digambarkan sang Ibu tidak jadi memarahi anaknya karena dia menyalakan
pendingin ruangantersebut.
17. Basic
CopywritingEx : Copy Driven ads. Note : sebuah iklan taman bermain yang
melaunching wahana baru menggunakan phrase face your fear’ dan digambarkan
dengan ketakuan ikon-ikon tersebut kedalam bentuk track rollercoaster.
18. Basic
CopywritingEx : Copy Driven ads.Note : British Airways mengajak warga Inggris
agar mendukung tim negerinya sendiri selaku tuan rumah di Olimpiade 2012.
19. Basic
CopywritingTHANK YOU FOR YOUR ATTENTION
Uraian-uraian dasar-dasar penulisan copywriting dalam bisnis di atas sangatlah penting untuk menarik pembeli agar membeli produk kita, ini
adalah Rahasia coopywriting yang akan membawa kesuksesan anda dalam berbisnis. Semoga
bermanfaat... maju terus wirausaha Indonesia, jayalah terus Indonesiaku.
0 comments:
Post a Comment