Home » » Cara Usaha Membudidayakan Cacing Tanah

Cara Usaha Membudidayakan Cacing Tanah

Posted by Top Topiks on Thursday 19 June 2014

Cara Usaha Membudidayakan Cacing Tanah
Kemarin sudah kita bahas Usaha Bididaya Cacing Tanah, Nah sekarang kita akan membahas bagaimana cara membudidayakan cacing tanah. Cacing tanah adalah hewan yang memiliki dua kelamin dalam satu tubuh, jantan dan betina (hermaphrodite), akan tetapi tak dapat membuahi dirinya sendiri. Pembuahan tidak akan terjadi tanpa adanya bantuan cacing lain. Perkawinan dilakukan dengan cara meletakkan bagian belakang denagn posisi yang saling berlawanan dan diperkuat dengan seta.

Pada saat itu klitelium (alat kelamin) masing-masing mengeluarkan lendir untuk melindungi spermatozoa yang dihasilkan oleh alat kelamin jantan masing- masing spermatozoa lalu masuk kedalam kantung penampung sperma dari pasangannya, selanjutnya membentuk selubung cocon (telur cacing) yang bergerak ke arah mulut.

Pada waktu melalui lubang penampungan sperma masuklah spermatozoa ke dalam cocon dan terjadilah pembuahan, selubung cocon harus bergerak ke arah mulut hingga terlepas dari cacing tanah dan membentuk cocon. Cocon kemudian dilatakkan di tempat yang lembab dan akan menetas dalam waktu 14-21 hari kemudian.

Setiap cocon menghasilkan antara 4-7 ekor cacing. Cacing tanah menjadi dewasa setelah berumur 2-3 bulan dan siap berkembang biak. Setiap 7-10 hari cacing tanah akan menghasilkan 1-2 cocon. Diperkirakan seekor cacing tanah akan menghasilkan 1000 ekor anak dalam setahun. Dari beberapa referensi menyebutkan perkembangbiakkan cacing tanah yang diternakkan relative lebih produktif, berbeda dengan  di alam bebas, yang banyak mengalami gangguan binatang lain.

Haruslah mengikuti aturan alam supaya cacing tanah cepat berkembang dan mampu beradaptasi dengan media yang akan diberikan kepada cacing yang akan dibudidayakan, maksud dari mengikuti aturan alam yaitu memberikan tempat hidup bagi cacing sesuai dengan keadaan dan kondisi cacing tersebut hidup di alam, inilah rahasia berhasil dalam budidaya cacing tanah.

Demikian sedikit informasi mengenai Cara Usaha Membudidayakan Cacing Tanah, jika anda ingin mendalami lagi silahkan baca Juga Pedoman Teknis Budidaya Cacing Tanah. Semoga terinspirasi silahkan saran dan kritik saya tunggu di kolom komentar..... !!!!



0 comments:

Post a Comment

BERITA EKONOMI
______________________


Powered By Blogger
Meningkatkan Suara Dan Stamina Burung
Dapatkan stamina dan kualitas suara burung saat kontes
KOMUNITAS BURUNG INDONESIA

Multi Vitamin Burung
Dapatkan kebutuhan vitamin burung yang cukup
KOMUNITAS BURUNG INDONESIA

Rahasia Jupe
Ternyata rahasia Jupe payudara montok ada disini
SALSA KOSMETIK

Apakah Rambut Anda Sering Rontok Botak
Serum khusus ini akan menumbuhkan dan melebatkan rambut anda
SALSA KOSMETIK

Belanjat Furniture Terbaik Aman Dan Nyaman
Serum khusus ini akan menumbuhkan dan melebatkan rambut anda
Mitra Jaya Furniture

TopAds
.comment-content a {display: none;}