Home » » Pengertian Atau Definisi Dari kewirausahaan

Pengertian Atau Definisi Dari kewirausahaan

Posted by Top Topiks on Saturday 31 May 2014

Untuk memuali menulis di blog ini perlu memfokuskan sebebuah topik pembahasannya dan topik Blog ini adalah berwirausaha untuk itu perlu kita ketahui apa itu pengertian wirausaha sebagai pengantar di blog ini.
Sebelum saya sampaikan pengertian atau definisi wirausaha menurut para ahli. Ada baiknya juga penulis menyampaikan pengertian wirausaha secara umum.
Wirausaha atau kewirausahaan adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.

Mari kita ketahui bersama pengertian wirausaha dari beberapa ahli. Berikut adalah Pengertian kewirausahaan menurut Beberapa Para Ahli ;
Pertama, adalah  Andrew J Dubrin. Menurutnya kewirausahaan adalah Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).
Kedua, adalah Robbin & Coulter, Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).
Menurutnya Kewirausahaan adalah Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan sarana untuk mencari peluang untuk menciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan, tidak peduli apa sumber daya yang saat ini dikendalikan.
Ketiga, Joseph Schumpeter Lahit Tahun1934, Dia memberikan sebuah kontribusi sebuah pengertian wirausaha, kewirausahaan menurutnya adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk :
1.       Memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru,
2.       Memperkenalkan metoda produksi baru,
3.       Membuka pasar yang baru (new market),
4.       Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, atau menjalankan organisasi baru pada suatu industri. Schumpeter mengkaitkan wirausaha dengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya. Penrose (1963) Kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan.

Keempat, Acmad Sanusi 1994, Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.
Menurut Ahmad sanusi ada beberapa kecenderungan profil pribadi wirausaha yang dapat diangkat dari kegiatan sehari-hari, di antaranya:


Tidak menyenangi lagi hal-hal yang sudah terbiasa/ tetap/ sudah teratur/ diatur dan jelas. Ia selalu bosan dengan kegiatan rutin sehingga timbul harapan-harapan dan keinginan untuk selalu berubah, ada tambahan, pengayaan, atau perbaikan mutu (nilai tambah yang berbeda).
Makin berani, karena merasa perlu untuk menunjukkan sikap kemandirian atau prakasa atas nama sendiri.
Suka berimajinasi dan mencoba menyatakan daya kreativitas serta memperkenalkan hasil-hasilnya kepada pihak lain.
Menyatakan suatu prakarsa setelah gagasan awalnya diterima dan dikembangkan, serta dapat dipertanggungjawabkan dari beberapa sudut. Prakarsa dianggap tidak final, bahkan terbuka untuk modifikasi dan perubahan.
Sikap hati-hati dan cermat mendorong kesiapan bekerja sama dengan pihak lain yang sama-sama mencari kemajuan dan keuntungan. Akan tetapi, jika perlu, ia harus ada kesiapan untuk bersaing.
Ujian, godaan, hambatan, dan hal-hal yang tidak terduga dianggap tantangan untuk mencari berbagai ikhtiar.


Dari Keempat Pengertian dari beberapa ahli saya kira cukup untuk memberikan kontribusi pemahaman tentang kewirausahaan pada kita, saya berharap pengertian dari para ahli bisa menginspirasi kita untuk bisa mengembangkan wirausaha kita yang sedang kita bangun. Jika anda tertarik dan ingin memulai sebuah usaha sendiri perlu di ketahuai sebuah tahapan tahapan awal memulai usaha untuk di ketahui agar nantinya tidak tersesat dan tidak tahu apa yang harus dilakukan


0 comments:

Post a Comment

BERITA EKONOMI
______________________


Powered By Blogger
Meningkatkan Suara Dan Stamina Burung
Dapatkan stamina dan kualitas suara burung saat kontes
KOMUNITAS BURUNG INDONESIA

Multi Vitamin Burung
Dapatkan kebutuhan vitamin burung yang cukup
KOMUNITAS BURUNG INDONESIA

Rahasia Jupe
Ternyata rahasia Jupe payudara montok ada disini
SALSA KOSMETIK

Apakah Rambut Anda Sering Rontok Botak
Serum khusus ini akan menumbuhkan dan melebatkan rambut anda
SALSA KOSMETIK

Belanjat Furniture Terbaik Aman Dan Nyaman
Serum khusus ini akan menumbuhkan dan melebatkan rambut anda
Mitra Jaya Furniture

TopAds
.comment-content a {display: none;}