Salah satu
bentuk strategi pemasaran adalah free produk, di Surabaya ada seorang pengusaha
Kosmetik yang mengetuk pintu rumah ke pintu rumah yang lain untuk menawarkan
buku resep merawat kecantikan secara gratis. Buku itu memuat aneka ragam resep kecantikan
alami yang bisa di coba dirumah tanpa harus kesalon kecantikan. Dalam buku itu,
dia hanya menyediakan 1 halaman berisi produk-produknya. Sisanya resep
kecantikan semua. Namun, dia memilih racikan kosmetik yang bahannya sama dengan
produk kecantikan yang ia jual. Alhasil dengan modal cetak buku, dia berhasil
meraih untung besar dari penjualan kosmetik. bagaimana cara menyebarkan brosur yang sangat efektif bukan??
Sekarang kita
menemui, buku resep kecantikan justru diberikan setelah pembelian. Artinya
mereka tak pernah membayangkan bagaimana kecantikan yg dihasilkan dengan kosmetik
itu. Akhirnya produsen justru menyewa slot acara di televisi dan dilakukan
berhari-hari hingga berbulan-bulan sebagaimana cara promosi di televisi biasa.
Jelas, biaya yang dibutuhkan akan sangat besar.
Kita juga
sering menemui penjual atau sales motor membagikan brosur di jalan yang ramai.
Menurut saya ini sangat tidak efektif. Kenapa?
Saya sudah
pernah coba membagi brosur, di dalam brosur itu ada voucher warnet gratis
selama 1 jam. Tapi pasca penyebaran brosur, gak ada satupun orang yang datang
ke warnet saya membawa brosur itu.
Hari
berikutnya saya sebar brosur ke anak-anak sekolah. Dan saya pilih sepulang
sekolah memberikan brosurnya. Tak hanya itu, karyawan saya suruh mengucapkan
"gratis internetan 1 jam mbak/mas". hehehe sungguh cara menyebarkan brosur yang sangat efekti.
Dan
dahsyat.. gak lama setelah brosur di bagikan warnet saya full dan semua bawa
voucher itu. Tentu 1 jam gak cukup, sehingga masing2 siswa nambah 1 jam lagi
karena minimal hitungannya adalah per jam hehehe..
Keramaian
terus bergulir hingga hari-hari berikutnya. Setiap pulang sekolah, warnet kami
selalu ramai dikunjungi siswa-siswi sekolah itu.
Membagi
brosur juga ada caranya. Jangan membagi brosur pada orang yang punya tujuan.
Contohnya di jalan. Karena orang berkendara itu pasti sudah punya tujuan hendak
kemana dan pikirannya sudah memikirkan mau ngapain aja di sana. Jadi, brosur
kita akan terbuang begitu saja.
Kalau jual
motor sebaiknya dimana? Tentunya di pabrik-pabrik saat pulang kerja. Bagi yang
naik angkot, mereka akan punya banyak waktu membaca brosur kita, apalagi dengan
tambahan kata2 waktu membagikan. Jadi, jangan cuma bagi2 tanpa bicara apapun.
Tim kami membagikan brosur ke setiap orang yang lewat, tapi
dengan ucapan "Mau toko online gratis pak/bu/mas/mbak?". Dan lebih
dari 50% yang lewat berhenti, sekitar 30%-an berhenti karena penasaran dengan
keramaian di depan stand kami. Dalam sehari kami mendapatkan pesanan lebih dari
20 toko padahal tiap toko harus beli domain di kami juga.
Ada lagi
brosur yang dibuat cukup unik. Tapi karena sekarang sudah banyak, jadinya gak
unik lagi hehe.. Yaitu brosur dengan gantungan benang wol. Brosur 2 sisi dimana
salah satu sisinya berisi daftar nomor telp dan sisi lainnya berisi informasi
produk. Ketika awal2 dulu, keluarga kami menyimpannya. Bahkan ada 1 brosur yang
masih tersimpan sampai sekarang karena berisi informasi reparasi berbagai
peralatan listrik.
Saya coba
membayangkan, apakah ada yang memberikan magnet lemari es gratis berisi info
produk dan nomor telp-nya untuk produk2 air galon atau gas elpiji? Atau sebuah
gantungan kunci karet berisi gambar lucu dengan sedikit info toko mainan kita?
bikin gantungan karet hanya 5rb-an saja kan?
Itu adalah
bentuk-bentuk brosur yang akan disimpan dengan rapi di rumah. Teknis penyebarannya
bisa macam-macam. Misalnya mendatangi rumah calon pelanggan, menawarkan elpiji
dengan layanan antar. Sebagai ucapan terima kasih, kita beri mereka magnet
lemari es berisi info toko kita. Mengelap galon sebelum dikirim, juga bentuk
servis yang akan membuat mereka betah menjadi langganan kita.
Semuanya
bisa kita lakukan tergantung cara smart kita mengolahnya, cara-cara diatas merupakan "cara menyebarkan brosur yang sangat efektif" yang pada intinya
membuat informasi bermanfaat dan bisa mengikat konsumen bahwa informasi yang kita sebarkan sangat berguna bagi konsumen.
Bagaiman
apakah artikel ini bermanfaat untuk anda, berikan jawaban anda di kolom bawah
yang kami sediakan sebagai bahan inspirasi penulis selanjutnya,,, hehehe
Bagaimana kalu kita terapkan di Bisnis Online? Membagikan brosurnya ke setiap kota? temukan
jawabannya di disini di TOP TOPIKS heeeeeeeeeeeee
Kumpulan Arti Mimpi Tentang Koper Dalam Togel Terlengkap
ReplyDeleteTafsir Mimpi Jitu
Kumpulan Arti Mimpi Tentang Pisau Dalam Togel Terlengkap
ReplyDeleteTafsir Mimpi Pisau
Tafsir Angka Mimpi 2021 Terpercaya
ReplyDelete