Home » » Cara Menyebarkan Brosur Yang sangat Efektif

Cara Menyebarkan Brosur Yang sangat Efektif

Posted by Top Topiks on Monday 2 June 2014

Cara Menyebarkan Brosur Yang sangat Efektif
Salah satu bentuk strategi pemasaran adalah free produk, di Surabaya ada seorang pengusaha Kosmetik yang mengetuk pintu rumah ke pintu rumah yang lain untuk menawarkan buku resep merawat kecantikan secara gratis. Buku itu memuat aneka ragam resep kecantikan alami yang bisa di coba dirumah tanpa harus kesalon kecantikan. Dalam buku itu, dia hanya menyediakan 1 halaman berisi produk-produknya. Sisanya resep kecantikan semua. Namun, dia memilih racikan kosmetik yang bahannya sama dengan produk kecantikan yang ia jual. Alhasil dengan modal cetak buku, dia berhasil meraih untung besar dari penjualan kosmetik. bagaimana cara menyebarkan brosur yang sangat efektif bukan??

Sekarang kita menemui, buku resep kecantikan justru diberikan setelah pembelian. Artinya mereka tak pernah membayangkan bagaimana kecantikan yg dihasilkan dengan kosmetik itu. Akhirnya produsen justru menyewa slot acara di televisi dan dilakukan berhari-hari hingga berbulan-bulan sebagaimana cara promosi di televisi biasa. Jelas, biaya yang dibutuhkan akan sangat besar.

Kita juga sering menemui penjual atau sales motor membagikan brosur di jalan yang ramai. Menurut saya ini sangat tidak efektif. Kenapa?

Saya sudah pernah coba membagi brosur, di dalam brosur itu ada voucher warnet gratis selama 1 jam. Tapi pasca penyebaran brosur, gak ada satupun orang yang datang ke warnet saya membawa brosur itu.

Hari berikutnya saya sebar brosur ke anak-anak sekolah. Dan saya pilih sepulang sekolah memberikan brosurnya. Tak hanya itu, karyawan saya suruh mengucapkan "gratis internetan 1 jam mbak/mas". hehehe sungguh cara menyebarkan brosur yang sangat efekti.

Dan dahsyat.. gak lama setelah brosur di bagikan warnet saya full dan semua bawa voucher itu. Tentu 1 jam gak cukup, sehingga masing2 siswa nambah 1 jam lagi karena minimal hitungannya adalah per jam hehehe..

Keramaian terus bergulir hingga hari-hari berikutnya. Setiap pulang sekolah, warnet kami selalu ramai dikunjungi siswa-siswi sekolah itu.

Membagi brosur juga ada caranya. Jangan membagi brosur pada orang yang punya tujuan. Contohnya di jalan. Karena orang berkendara itu pasti sudah punya tujuan hendak kemana dan pikirannya sudah memikirkan mau ngapain aja di sana. Jadi, brosur kita akan terbuang begitu saja.

Kalau jual motor sebaiknya dimana? Tentunya di pabrik-pabrik saat pulang kerja. Bagi yang naik angkot, mereka akan punya banyak waktu membaca brosur kita, apalagi dengan tambahan kata2 waktu membagikan. Jadi, jangan cuma bagi2 tanpa bicara apapun.

Tim kami membagikan brosur ke setiap orang yang lewat, tapi dengan ucapan "Mau toko online gratis pak/bu/mas/mbak?". Dan lebih dari 50% yang lewat berhenti, sekitar 30%-an berhenti karena penasaran dengan keramaian di depan stand kami. Dalam sehari kami mendapatkan pesanan lebih dari 20 toko padahal tiap toko harus beli domain di kami juga.

Ada lagi brosur yang dibuat cukup unik. Tapi karena sekarang sudah banyak, jadinya gak unik lagi hehe.. Yaitu brosur dengan gantungan benang wol. Brosur 2 sisi dimana salah satu sisinya berisi daftar nomor telp dan sisi lainnya berisi informasi produk. Ketika awal2 dulu, keluarga kami menyimpannya. Bahkan ada 1 brosur yang masih tersimpan sampai sekarang karena berisi informasi reparasi berbagai peralatan listrik.

Saya coba membayangkan, apakah ada yang memberikan magnet lemari es gratis berisi info produk dan nomor telp-nya untuk produk2 air galon atau gas elpiji? Atau sebuah gantungan kunci karet berisi gambar lucu dengan sedikit info toko mainan kita? bikin gantungan karet hanya 5rb-an saja kan?

Itu adalah bentuk-bentuk brosur yang akan disimpan dengan rapi di rumah. Teknis penyebarannya bisa macam-macam. Misalnya mendatangi rumah calon pelanggan, menawarkan elpiji dengan layanan antar. Sebagai ucapan terima kasih, kita beri mereka magnet lemari es berisi info toko kita. Mengelap galon sebelum dikirim, juga bentuk servis yang akan membuat mereka betah menjadi langganan kita.
Semuanya bisa kita lakukan tergantung cara smart kita mengolahnya, cara-cara diatas merupakan "cara menyebarkan brosur yang sangat efektif" yang pada intinya membuat informasi bermanfaat dan bisa mengikat konsumen bahwa informasi yang kita sebarkan sangat berguna bagi konsumen.
Bagaiman apakah artikel ini bermanfaat untuk anda, berikan jawaban anda di kolom bawah yang kami sediakan sebagai bahan inspirasi penulis selanjutnya,,, hehehe


Bagaimana kalu kita terapkan di Bisnis Online? Membagikan brosurnya ke setiap kota? temukan jawabannya di disini di TOP TOPIKS heeeeeeeeeeeee


3 comments:

BERITA EKONOMI
______________________


Powered By Blogger
Meningkatkan Suara Dan Stamina Burung
Dapatkan stamina dan kualitas suara burung saat kontes
KOMUNITAS BURUNG INDONESIA

Multi Vitamin Burung
Dapatkan kebutuhan vitamin burung yang cukup
KOMUNITAS BURUNG INDONESIA

Rahasia Jupe
Ternyata rahasia Jupe payudara montok ada disini
SALSA KOSMETIK

Apakah Rambut Anda Sering Rontok Botak
Serum khusus ini akan menumbuhkan dan melebatkan rambut anda
SALSA KOSMETIK

Belanjat Furniture Terbaik Aman Dan Nyaman
Serum khusus ini akan menumbuhkan dan melebatkan rambut anda
Mitra Jaya Furniture

TopAds
.comment-content a {display: none;}